Tips Haji Mabrur dan Mengenali Tandanya

Haji adalah kewajiban agama yang harus dilakukan setidaknya sekali oleh setiap muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Setiap muslim yang pergi berhaji tentu berusaha menjadi haji yang mabrur. Tips haji mabrur banyak dicari agar Haji seseorang tak hanya menggugurkan kewajiban, namun juga diterima Allah SWT.

Apa Itu Haji Mabrur?

Berasal dari kata Arab “Mabrur” berarti tujuan untuk memperkuat iman seseorang dan mendapatkan kedekatan dengan Allah SWT melalui tindakan ketaatan dan kebajikan yang besar. 

Namun, jika kita melihat mazhab-mazhab pemikiran Islam, ada lebih dari satu makna Haji Mabroor. Beberapa definisi umum tentang haji yang mabrur atau diterima adalah sebagai berikut: 

  • Haji di mana seseorang menahan diri dari pamer, kepura-puraan, dan segala jenis dosa. 
  • Seorang yang sepulangnya berhaji berjanji untuk tidak melakukan dosa apa pun sampai napas terakhirnya. 
  • Haji mabrur melembutkan hati seseorang dan mereformasinya menjadi Muslim yang lebih baik.
Tips haji mabrur

Tanda-Tanda Haji Mabrur

Pastinya yang berhak menilai apakah haji seseorang mabrur atau tidak adalah Allah semata. Sebagai hamba-Nya kita tentu tak dapat memastikan memastikan bahwa haji seseorang mabrur atau tidak. 

Namun, berdasarkan Al-Quran dan Hadist para ulama menyebutkan tanda-tanda kemabruran, meskipun sekali lagi hal ini tak dapat memberi ssebuah kepastian akan mabrur tidaknya haji seseorang.

Salah satu tanda haji mabrur yang paling menonjol adalah perubahan hidup sekembalinya dari Baitullah. Terlepas dari betapa berdosanya masa lalu mereka, haji mabrur akan berubah dari buruk menjadi baik. 

Orang tersebut menjadi tepat waktu dalam memenuhi perintah Allah SWT. Kecenderungan dan kecintaan untuk akhirat meningkat, dan mulai melakukan segalanya untuk mempersiapkan kehidupan berikutnya. 

Al-Hasan al-Bashri mengatakan, “Haji mabrur adalah pulang dalam keadaan zuhud terhadap dunia dan mencintai akhirat.” (At-Tarikh al-Kabir 3/238)

Tips Haji Mabrur

Berikut adalah beberapa tips haji mabrur, agar haji Anda diterima oleh Allah SWT: 

1. Luruskan  niat Anda, jadikan sepenuhnya hanya untuk Allah semata. 

2. Tips haji mabrur berikutnya adalah memastikan harta yang Anda gunakan untuk pergi haji adalah harta dari sumber yang halal.

3. Jika Anda memiliki hutang maka lunasilah. Usahakan pula untuk meminta maaf pada siapapun yang pernah Anda sakiti.

4. Pelajarilah semua aturan dan amalan haji dan biasakan diri Anda dengan hal tersebut. 

5. Pastikan tanggungan Anda di rumah ternafkahi dan terjaga dengan baik selama Anda tinggal. 

6. Selalu ingat Allah dan menyebut nama-Nya sebanyak yang Anda bisa. 

7. Pelihara kesabaran dan tenggang rasa sepanjang perjalanan. 

8. Selalu isi hati Anda dengan cinta sejati kepada Allah SWT beserta Rasullulah SAW.

9. Renungkan makna dari Ibadah Haji, dan pelihara rasa kagum dan hormat. 

10. Gunakan waktu Anda sebaik mungkin selama di Baitullah. 

Dari penjelasan tentang tips haji mabrur dan tanda-tandanya dapat disimpulkan bahwa tanda haji mabrur yang paling menonjol adalah perubahan seseorang untuk menjauhkan diri dari dosa sepanjang hidup mereka. 

Pengalaman haji yang damai menghidupkan dan memurnikan hati seseorang. Dengan kata sederhana, umumnya mereka selalu memastikan untuk membuka lembaran baru dan memulai hidup baru yang bebas dari dosa besar dan kecil. 

Demikianlah ulasan tentang tips haji mabrur yang mungkin dapat memberikan wawasan baru untuk Anda berubah menjadi lebih baik. Apabila Anda ingin pergi ke Baitullah untuk melaksanakan Umrah, pastikan Anda mengkonsultasikan jadwal keberangkatan bersama Retali. Ikuti @retaliumrah.id dan dapatkan beragam penawaran spesial.