Syarat Sahnya Shalat Berjamaah, Wajib Tahu!

Agama Islam menekankan pentingnya persatuan dan persaudaraan umat. Shalat fardhu berjamaah selain merupakan wujud bakti kepada Allah SWT, juga mempunyai makna menjaga persatuan. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas syarat sahnya shalat berjamaah.

Syarat Sahnya Shalat Berjamaah

Imam Nawawi rahimahullah berkata,

“Tidak ada keringanan meninggalkan shalat berjamaah, baik kita memilih pendapat shalat berjamaah itu sunnah ataukah fardhu kifayah. Boleh meninggalkan shalat berjamaah ketika ada uzur umum atau uzur khusus.” (Raudhah Ath-Thalibin, 1:240)

Dalam melaksanakan shalat berjamaah, terdapat beberapa syarat yang sifatnya mutlak harus dipenuhi. Berdasarkan buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang diterbitkan Kemenag RI, syarat sahnya shalat berjamaah adalah:

  • Ada imam
  • Makmum wajib berniat mengikuti imam
  • Dikerjakan pada satu tempat artinya tak terpisah terlampau jauh
  • Shalat yang dilakukan makmum harus sesuai dengan imam

Selain syarat sahnya shalat berjamaah di atas, berdasarkan Panduan Shalat Terlengkap, Ust. Abdul Aziz berkata bahwa beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain:

  • Tahu semua gerakan imam.
  • Wajib niat menjadi makmum.
  • Tidak berdiri lebih depan daripada imam.
  • Tidak mendahului gerakan yang dilakukan imam.
  • Shalat yang dilakukan makmum harus sama dengan salat imam, artinya niat waktu shalat harus sama.
  • Untuk jarak, imam dan makmum berkumpul tidak lebih dari 300 hasta.
  • Tak terhalang dinding yang memisahkan imam dan makmum. Terkecuali untuk makmum perempuan, dengan ketentuan ada seorang atau lebih dari jamaah perempuan yang dapat melihat semua gerakan imam.
Syarat Sahnya Shalat Berjamaah

Manfaat Shalat Berjamaah 

Selain pahala berlimpah, ketaatan terhadap kewajiban shalat berjamaah juga memiliki banyak efek positif. Baik untuk kehidupan individu maupun secara kolektif bagi umat Islam. Beberapa efek tersebut adalah: 

Efek spiritual 

Jika dilaksanakan sesuai syarat sahnya shalat berjamaah, efek spiritual terbesar dari shalat berjamaah adalah pahala yang berlimpah. Dalam  banyak riwayat, Nabi Muhammad SAW menekankan keutamaan shalat berjamaah. 

Rasulullah SAW bersabda,

“Sholat berjamaah lebih utama 27 derajat dibanding sholat sendirian.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Efek sosial 

Sholat berjamaah merupakan awal dari persatuan, kedekatan hati, dan semangat persaudaraan. Ini adalah semacam pemeriksaan kehadiran informal, dan cara terbaik untuk mengidentifikasi individu. Shalat berjamaah adalah pertemuan terbesar dan paling murni di dunia. Ini adalah semacam pertemuan keakraban dengan masalah satu sama lain, dan platform untuk kerja sama sosial di antara umat Islam. 

Efek politik 

Sholat berjamaah adalah simbol kekuatan umat Islam, kedekatan hati dan solidaritas mereka dalam kesatuan tujuan. Ini menghilangkan perselisihan, dan mampu mengganggu orang munafik serta merupakan duri di mata orang jahat. 

Efek moral dan pendidikan

Dalam shalat berjamaah, individu berdiri dalam satu baris, mengesampingkan semua perbedaan posisi, ras, bahasa, kekayaan, dll. Kemurnian dan ketulusan kasih sayang terhadap sesama manusia dibangkitkan. Saling bertemu dalam barisan ibadah, membuat orang beriman mengalami rasa memiliki yang melahirkan keberanian, kekuatan dan harapan. 

Shalat berjamaah menciptakan rasa keteraturan dan disiplin, keselarasan, dan kesadaran waktu. Ini menghilangkan semangat individualisme, perpecahan dan isolasi, menimbulkan rasa perjuangan melawan kesombongan dan keegoisan. 

Sholat berjamaah mengajarkan kesatuan ekspresi, arah, tujuan, dan kepemimpinan. Dan karena orang yang paling saleh, berjasa dan berpengetahuan harus menjadi orang yang memimpin jemaat, itu adalah semacam pelatihan dan promosi pengetahuan, kesalehan dan keadilan. 

Setelah mengetahui syarat sahnya shalat berjamaah dan banyaknya keutamaan yang didapat, semoga kita selalu mampu menjalankannya. Untuk Anda yang ingin menjalankan ibadah Umrah, konsultasikan rencana perjalanan Anda dengan Retali. Temukan @retaliumrah.id di Instagram untuk info menarik lainnya.