Shalat Sunnah Rawatib Menutup Kekurangan Shalat Wajib?

Menimbulkan sejumlah pertanyaan, “Apakah mungkin shalat Sunnah Rawatib bisa menutup kekurangan shalat wajib?” Dimana shalat Sunnah Rawatib sendiri, pada hakikatnya merupakan ibadah mahdhah yang mengiringi jalannya shalat fardhu atau wajib baik dilaksanakan sebelum maupun sesudah. Dimana hal ini disebut sebagai shalat Sunnah qabliyah dan ba’diyah.

Tujuan Shalat Sunnah Rawatib 

Diantaranya, tujuan pelaksanaan shalat Sunnah Rawatib ini ditujukan untuk mempersiapkan diri sebelum nantinya menunaikan shalat wajib. Dimana untuk mempersiapkan jiwa dalam menunaikan ibadah, dan mengantisipasi kelalaian. Shalat Sunnah Rawatib layaknya qabliyah, perlu dijalankan dengan baik.

Sedangkan, shalat Sunnah Rawatib yang dijalankan setelah menuntaskan shalat fardhu, atau yang biasa disebut dengan shalat ba’diyah, dijalankan untuk menutup sejumlah kekurangan yang terdapat dalam pelaksanaan shalat fardhu tersebut.

Yang artinya, shalat Sunnah Rawatib (khususnya shalat Sunnah ba’diyah) yang dijalankan dapat menutup kekurangan shalat wajib.

Berbagai Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib

Selain dapat menutup sejumlah kekurangan dalan shalat fardhu. Terdapat sejumlah keutamaan yang mengiringi pelaksanaan shalat Sunnah Rawatib itu sendiri. Diantaranya, sejumlah keutamaan yang dimaksud ialah.

Shalat Merupakan Sebaik-Baiknya Amalan

Dalam sabda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, beliau pernah berkata “Bahwa shalat merupakan sebaik-baiknya amalan.” Dimana seperti yang telah kita ketahui, shalat merupakan tiang agama yang penting untuk ditegakkan. Maka dari itu, layaknya amalan yang menjadi pondasi beragama, shalat menjadi bentuk sebaik-baiknya amalan.

Meninggikan Derajat Di Surga Berkenaan dengan Banyaknya Mengerjakan Shalat tathawwu

Selain menjadi sebaik-baiknya amalan di dunia. Menjalankan shalat Sunnah Rawatib dengan benar, juga dapat memperoleh keutamaan layaknya ditinggikan derajatnya di surga. Dimana Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bahkan pernah bersabda, bahwasanya sebagai kaum muslimin, hendaknya kita memperbanyak sujud kepada Allah.

 Dengan sekali sujud yang dilakukan, maka Allah akan meninggikan derajat dan menghapus dosa-dosa yang diperbuat. Tentunya, hal ini baru sekali sujud. Bagaimana dengan banyak sujud yang dilakukan saat menjalankan shalat?

Memperoleh Rumah Di Surga

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Imam Tirmidzi, disebutkan beberapa keutamaan yang diperoleh umat Muslim, ketika ia menjalankan shalat Sunnah Rawatib Muakad secara rutin dan konsistensi. Diantaranya, keutamaan yang disebutkan dalam hadits tersebut ialah, dibangunkan baginya rumah di surga. Yang senantiasa menjadi hunian tinggal nyaman bagi dirinya.

Hikmah Menjalankan Shalat Sunnah Rawatib

Dengan adanya shalat Sunnah Rawatib, sebagai hamba yang beriman, tentunya kita dapat membentuk keyakinan dan kepercayaan, bahwa sesungguhnya mempersiapkan diri, baik jiwa maupun raga itu penting untuk dilakukan dan diperhatikan dengan baik. Terutama, ketika hendak menunaikan ibadah.

Shalat Sunnah Rawatib hadir sebagai bekal persiapan dan pelengkap kekurangan, yang tentunya semakin memperkokoh tiang agama yang kita tegakkan. Yaitu, shalat fardhu itu sendiri. Oleh karenanya, shalat Sunnah Rawatib perlu dijalankan dengan baik dan benar

Demikian sejumlah serba-serbi shalat Sunnah Rawatib yang dapat diketahui. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan keridhaannya kepada kita semua. Aamiin ya rabbal Alamin.

Jika Anda berkeinginan menjalankan ibadah umrah, yang juga mempunyai beragam keutamaan. Maka, Anda dapat bergabung bersama Retali, yang akan membantu keberangkatan umrah Anda. Informasi selengkapnya dapat Anda telusuri melalui halaman website Retali.

Ikuti Instagram @retaliumrah.id untuk update kabar terkini seputar haji dan umrah serta wisata halal. Wujudkan impian Anda ke tanah suci bersama Retali, ibadah nyaman sesuai Sunnah dan terjangkau.