Pengertian Zakat Mal dan Panduannya

Pengertian Zakat mal— Zakat mal merupakan salah satu bentuk ibadah dalam ajaran agama Islam. Dimana zakat sendiri merupakan salah satu ibadah yang tergabung dalam rukun Islam bersama kelima bentuk ibadah lainnya.

Sebagai bagian dari ibadah yang menopang pondasi dasar keislaman, zakat menjadi bentuk ibadah yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim. Lantas, seperti apa panduan zakat yang baik dan benar? Berikut pembahasannya.

Pengertian Zakat Mal

Pengertian Zakat Mal sendiri terbagi menjadi dua, ada pengertian secara bahasa dan istilah. Menurut bahasa mal diartikan sebagai sesuatu yang sangat diinginkan untuk dimiliki. Sementara pengertian Zakat Mal secara istilah dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dimiliki dan dapat dimanfaatkan secara baik dan benar.

Antara lain, pengertian Zakat Mal ini mengantarkan kita pada dua syarat yang wajib dipenuhi. Seperti halnya barang yang dapat disimpan, dan dapat diambil manfaatnya dengan baik layaknya hewan ternak, transportasi, rumah, dan lain sebagainya.

Panduan Melaksanakan Zakat Mal

Sebagai bekal melaksanakan zakat mal, terdapat sejumlah tatanan ketentuan yang perlu diperhatikan. Seperti halnya harta yang akan dizakatkan ada di bawah kuasa penuh sang pemilik, mempunyai nisab yang cukup, harta melebihi kebutuhan pokok sang pemilik, bebas dari hutang, telah sampai satu tahun, dan merupakan seorang muslim yang sudah baligh dan berakal.

Setelahnya, penyaluran zakat mal dapat Anda lakukan terhadap lembaga-lembaga zakat. Namun, yang perlu diperhatikan adalah Anda perlu memastikan bahwa lembaga zakat tersebut telah dipilih dengan baik dan terpercaya.

Itulah pengertian Zakat Mal beserta panduannya. Melaksanakan zakat saja perlu perencanaan yang baik dan matang, tentu hal tersebut juga berlaku terhadap pelaksanaan ibadah umrah.  Jadi, Jika Anda berencana menunaikan umrah, pastikan Anda mengkonsultasikan pelaksanaan umrah Anda dengan Retali. Ikuti @retaliumrah.id di Instagram untuk informasi lebih lanjut.