Masjid Quba di Madinah Dibagun oleh Rasulullah

Sebagai masjid yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah, Masjid Quba menyimpan berbagai catatan sejarah di dalamnya. Masjid yang terletak di Kota Madinah ini dibangun pada tahun ke- 53 Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam.

Lantas, seperti apa perjalanan Nabi Muhammad dalam membangun Masjid Quba selama hijrahnya ke Madinah? Berikut ini adalah pembahasannya.

Tentang Masjid Quba

Dibangun pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi di Quba, yaitu sekitar 5 KM di sebelah tenggara kota Madinah. Sebagaimana Masjid Nabawi dan Masjidil Haram, Masjid Quba juga dibangun dengan pondasi dasar iman dan taqwa.

Dimana masjid Quba sendiri didirikan di atas tanah dengan luas 1.200 meter persegi, kepunyaan keluarga Kalsum bin Hadam dari Kabilah Amru bin Auf.

Untuk mengunjungi Masjid Quba dari Kota Mekkah, setidaknya Anda membutuhkan waktu selama 4 jam 15 menit. Pesona keindahan dan keontetikan Masjid Quba pun, masih terjaga dan terpelihara dengan baik sampai saat ini.

Itu dia sejarah pembangunan  Masjid Quba yang dapat diketahui. Antara lain, jika Anda mempunyai rencana untuk menunaikan ibadah Umrah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Retali. Ikuti @retaliumrah.id di Instagram untuk informasi lebih lanjut.