Macam Macam Tawaf dan Pengertian Dari Thawaf Itu Sendiri

Umrah Sebelum Haji

“Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak.” Itulah dia lafadz kalimat talbiyah yang diucapkan kala melakukan aktivitas tawaf atau mengelilingi Ka’bah. Tawaf yang didefinisikan sebagai kegiatan mengelilingi atau mengitari Ka’bah ini memiliki sejumlah serba-serbi pelaksanaan dimulai dari macam macam tawaf sampai hikmah adanya kegiatan tawaf itu sendiri.

Apabila ditinjau dari sebab syariat yang dihadirkan, pelaksanaan tawaf ini dibagi menjadi tujuh. Diantaranya, tawaf yang dimaksud ialah (1) tawaf qudum, (2) tawaf ziyaroh, (3) tawaf wada’, (4) tawaf ‘umroh, (5) tawaf nadzar, (6) tawaf tahiyatul masjidil haram, dan (7) tawaf tathawwu’.

Ketujuh bentuk tawaf ini tentunya memiliki definisi atau pengertian yang berbeda-beda. Dan berikut ini adalah sejumlah penjelasan mengenai macam-macam bentuk tawaf yang sebelumnya telah dipaparkan.

Lantas, apa saja sejumlah macam macam tawaf berikut dengan pengertiannya? Ini dia penjelasannya.

Tawaf Qudum

Tawaf Qudum atau yang dapat pula disebut sebagai Tawaf Tahiyyah merupakan tawaf yabg disyariatkan bagi orang orang yang baru saja datang dari luar Makkah. Bentuk tawaf ini, merupakan penghormatan kepada Baitullah (Ka’bah). Dimana sumber lain juga menyebutkan tawaf ini sebagai tawaf liqo’.

Sebagai tawaf yang dilakukan untuk memberikan penghormatan. Pelaksanaan Tawaf Qudum disunnahkan untuk didahulukan, bukan diakhirkan.

Tawaf Ziyaroh

Tawaf Ziyaroh atau yang juga memiliki nama lain Tawaf Ifadhah atau Tawaf Rukn. Merupakan jenis tawaf yang masuk dalam salah satu rukun haji. Dimana artinya, Tawaf ini tidak dapat digantikan pelaksanaannya, dan perlu dijalankan seusai dari Arafah, melakukan mabit di Muzdalifah, pergi ke Mina, kemudian melakukan pelemparan Jumroh, lalu Nahr (melakukan penyembelihan), menggunduli kepala, untuk kemudian menjalankan Tawaf Ifadhah.

Tawaf’ Umroh

Jika Tawaf Ifadhah merupakan rukun ibadah haji, maka Tawaf’ Umroh merupakan jenis tawaf yang masuk dalam rukun umroh. Tawaf ini, dijalankan setelah berihram untuk melaksanakan umroh dan tidak mengakhirinya.

Tawaf Nadzar

Berikutnya adalah Tawaf Nadzar,  seperti namanya Tawaf Nadzar ini dipaksanakan untuk orang yang bernadzar dalam pelaksanaan umroh maupun hajinya. Hukum menjalankan Tawaf Nadzar ini adalah wajib (bagi orang yang telah bernadzar) 

Serta tidak dikhususkan pada waktu waktu tertentu, jika memang orang yang bernadzar tersebut tidak mengkhususkan waktu tawaf pada waktu tertentu.

Tawaf Tahiyyatul Masjid

Berikutnya adalah Tawaf Tahiyyatul Masjid. Pelaksanaan tawaf ini hukumnya adalah sunnah untuk setiap kaum Muslimin yang memasuki masjidil haram, kecuali jika memang ia hendak menjalankan tawaf lainnya, maka tawaf tahiyyat ini Telah masuk dalam jenis tawaf lainnya seperti tawaf ‘umroh.

Hal tersebut berlaku pula, ketika seseorang ingin menjalankan Tawaf Qudum, maka Tawaf Tahhiyat yang telha dijalankan ini sudah masuk di dalamnya karena ia (Taqaf Tahiyyatul Masjid). Demikian jika memang dilaksanakan untuk menghormati masjid yang mulia (Masjidil Mahrom) adalah dengan menjalankan tawaf. Terkecuali jika memang ada halangan, maka dapat pula diganti dengan shalat tahiyyatul masjid.

Tawaf Tathowwu

Berikutnya adalah Tawaf Tathowwu. Definisi dari tawaf ini ialah merupakan bentuk tawaf tahiyyatul masjidil haram, layaknya yang telah disebutkan di atas. Yakni dilakukan ketika masuk Masjidil Haram. Adapula Tawaf Tathowwu yang berperan bukan sebagai Tawaf Tahiyyatul Masjidil Haram, maka ia tidak memiliki kekhususan untuk dilakukan pada waktu tertentu. 

Tawaf tersebut artinya bisa dilakukan kapan saja, bahkan bisa pula dilakukan di waktu terlarang untuk shalat sebagaimana pendapat mayoritas ulama.

Itulah dia macam macam tawaf berikut dengan pengertiannya. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan keridhaannya kepada kita semua. Aamiin ya rabbal Alamin.

Jika Anda berkeinginan menjalankan ibadah umrah, yang juga mempunyai beragam keutamaan. Maka, Anda dapat bergabung bersama Retali, yang akan membantu keberangkatan umrah Anda. Informasi selengkapnya dapat Anda telusuri melalui halaman website Retali.

Ikuti Instagram @retaliumrah.id untuk update kabar terkini seputar haji dan umrah serta wisata halal. Wujudkan impian Anda ke tanah suci bersama Retali, ibadah nyaman sesuai Sunnah dan terjangkau.