Keutamaan Shalat Sunnah Sebelum Shalat Wajib

Keistimewaan Air Zamzam

Shalat Rawatib merupakan bentuk ibadah Sunnah yang ditunaikan baik sebelum, maupun seusai menjalankan shalat wajib. Diantaranya, terdapat sejumlah keutamaan shalat Sunnah sebelum shalat wajib yang dapat diraih. 

Dan pada kesempatan kali ini, artikel berikut akan memberikan pembahasan terkait keutamaan shalat Sunnah sebelum shalat wajib. Yang mana, pelaksanaan shalat Sunnah sebelum shalat wajib ini, juga merupakan bagian dari shalat Rawatib.

Hikmah Disyariatkannya Shalat Rawatib

Berperan sebagai at-tathowwu’ atau ibadah tambahan. Dalam pelaksanaannya, Ibadah Rawatib tentunya memiliki sejumlah hikmah dan Rahmat Allah atas disyariatkannya ibadah Rawatib sebagai at-tathowwu’.  Yang mana sebagai ibadah tambahan, ibadah Rawatib ini mengiringi dan melengkapi kekurangan yang terdapat dalam ibadah wajib atau fardhu.

Dan nyatanya, dapat ditemukan sejumlah keutamaan shalat Sunnah sebelum shalat wajib yang juga dikategorikan sebagai  at-tathowwu’. Yang mana,  di dalam pelaksanaan ibadah shalat, ibadah Afdhal atau yang paling utama adalah shalat sunnah rawatib. Dalam riwayat, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dikatakan selalu menunaikan ibadah shalat Sunnah Rawatib dan tidak pernah meninggaljannya sekalipun.

Mengingat betapa pentingnya ibadah ini ditunaikan, dan dijalankan secara berulang layaknya menunaikan shalat wajib atau fardhu. 

Jumlah Rakaat Pelaksanaan Shalat Sunnah Rawatib

Setiap ibadah yang disyariatkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dan Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam, tentunya memiliki ketentuan tertentu yang perlu dipenuhi dengan baik, agar ibadah tersebut dapat berjalan dengan baik dan benar.

Dinyatakan oleh Ummu Habibah, beliau menyampaikan penjelasan mengenai jumlah shalat Sunnah Rawatib. Dimana, beliau menyebutkan bahwa jumlah shalat sunnah rawatib terdapat 12 rakaat, dimana penjelasan hadits 12 rakaat ini.

Diriwayatkan oleh Imam At-Tarmidzi dan An-Nasa’i, dari ‘Aisyah radiyallahu ‘anha, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang tidak meninggalkan dua belas (12) rakaat dalam pelaksanaan shalat sunnah rawatib, maka Allah akan memberikan baginya rumah di surga, (yaitu): menunaikan 4 rakaat sebelum dzuhur, dan 2 rakaat sesudahnya, dan 2 rakaat sesudah maghrib, dan 2 rakaat sesudah ‘isya, dan 2 rakaat sebelum subuh“. (HR. At Tarmidzi dan An Nasa’i)

Keutamaan Shalat Sunnah Sebelum Shalat Wajib

Seperti yang sebelumnya telah disebutkan, dalam Hadits riwayat At Tarmidzi dan An Nasa’i, Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda mengenai keutamaan shalat Sunnah Rawatib yang akan memperoleh rumah di surga oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. 

Diantaranya, salah satu shalat bentuk Sunnah Rawatib adalah shalat Sunnah qabliyah Subuh atau shalat Sunnah yang dijalankan sebelum shalat subuh. Dalam hal ini, terdapat keutamaan shalat Sunnah sebelum shalat Subuh yang didapat bagi siapa saja yang menjalankannya.

Seperti yang disampaikan oleh Aisyah Radhiyallahu ‘Anha. Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam pernah bersabda. “Dua rakaat sebelum subuh (qabliyah Subuh) lebih baik dibanding dengan dunia dan seisinya“. Dalam riwayat lain juga dikatakan, “Dua raka’at sebelum shubuh lebih aku cintai dibanding dengan dunia seisinya” (HR. Muslim).

Dalam hal ini, tentunya pelaksanaan shalat Sunnah sebelum subuh, dinilai lebih utama atau lebih Afdhal untuk dilaksanakan. Dimana tentunya, sejumlah keutamaan shalat Sunnah sebelum subuh ini, memberikan begitu banyak faidah bagi siapa saja yang menjalankannya.

Itulah sejumlah serba-serbi mengenai keutamaan shalat Sunnah sebelum shalat wajib. Jika Anda berkeinginan menjalankan ibadah umrah, yang juga mempunyai beragam keutamaan. Maka, Anda dapat bergabung bersama Retali, yang akan membantu keberangkatan umrah Anda. Informasi selengkapnya dapat Anda telusuri melalui halaman website Retali.

Ikuti Instagram @retaliumrah.id untuk update kabar terkini seputar haji dan umrah serta wisata halal. Wujudkan impian Anda ke tanah suci bersama Retali, ibadah nyaman sesuai Sunnah dan terjangkau.