Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib Muakad dan Haditsnya

Umrah travel

Dalam pelaksanaannya, shalat Sunnah Rawatib terbagi menjadi dua bagian. Diantaranya adalah shalat Sunnah Rawatib Muakad dan shalat Sunnah Rawatib ghairu Muakad. Kedua kategori ini sama-sama merupakan bagian dari shalat sunnah rawatib pada umumnya. Yang membedakan dalam kedua istilah ini terletak pada definisinya.

Dimana shalat Sunnah Rawatib Muakad diartikan sebagai bentuk shalat Sunnah Rawatib yang sangat atau begitu diutamakan. Sementara ghairu Muakad dapat diartikan sebagai tidak terlalu ditekankan atau diutamakan.

Macam-macam Shalat Sunnah Rawatib

Lebih jelasnya, berikut adalah macam-macam shalat Sunnah Rawatib yang mencakup pula sejumlah kategori di dalamnya. Baik itu Sunnah Muakad maupun Sunnah ghairu Muakad.

Shalat Sunnah Rawatib Muakad, diantaranya terdiri dari 10 rakaat dalam sehari, yakni :

2 rakaat qabliyah Shubuh

2 rakaat qabliyah Zhuhur

2 rakaat bakdiyah Zhuhur

2 rakaat bakdiyah Magrib

2 rakaat bakdiyah Isya

Sementara itu, Shalat Sunnah Rawatib ghairu muakkad, dimuat dalam 12 rakaat sehar. Diantaranya adalah :

2 rakaat qabliyah Zhuhur

2 rakaat bakdiyah Zhuhur

4 rakaat qabliyah Ashar

2 rakaat qabliyah Magrib

2 rakaat qabliyah Isya

Kaidah Shalat Sunnah Rawatib

Dalam pemberlakuannya, Syaikh Ibrahim Al-Baajuri rahimahullah telah menyajikan sejumlah kaidah yang digunakan untuk menunaikan shalat qabliyah dan shalat atau shalat Sunnah Rawatib atau bakdiyah sebagai berikut.

وَاعْلَمْ: أَنَّهُ يَدْخُلُ وَقْتُ القَبْلِيَّةِ بِدُخُوْلِ وَقْتِ الفَرْضِ وَالبَعْدِيَّةُ بِفِعْلِهِ وَيَخْرُجُ وَقْتُ النَّوْعَيْنِ بِخُرُوْجِ وَقْتِ الفَرْضِ وَيُنْدَبُ قَضَاؤُهُمَا بَعْدَهُ لِأَنَّهُ إِذَا فَاتَ نَفْلٌ مُؤَقَّتٌ نُدِبَ قَضَاؤُهُ وَأُلْحِقَ بِهِ التَّهَجُدُ

“Ketahuilah bahwa waktu shalat qabliyah itu masuk saat waktu shalat fardhu telah masuk. Sedangkan waktu shalat bakdiyah itu setelah shalat fardhu dilakukan. Waktu shalat qabliyah dan bakdiyah berakhir dengan berakhirnya waktu shalat fardhu. Namun, shalat qabliyah dan bakdiyah masih boleh diqadha’ setelah itu (setelah keluar waktunya). Karena shalat sunnah yang punya ketetapan waktu tertentu disunnahkan mengqadha’nya, sama halnya shalat tahajud pun demikian.” (Hasyiyah Al-Baajuri ‘ala Syarh Al-‘Allamah Ibnu Qasim Al-Ghazzi ‘ala Matn Abi Syuja’)

Shalat Sunnah Qabliyah dan Ba’diyah

Diantaranya, inti dari kaidah tersebut adalah shalat rawatib yang terbagi dalam dua kategori. Yaitu, Shalat qabliyah dan shalat Sunnah ba’diyah. Shalat Sunnah qabliyah sendiri didefinisikan sebagai shalat sunnah yang dilakukan sebelum atau shalat wajib ditunaikan. Dan yang terpenting adalah masih dalam waktunya.

Sedangkan, Shalat ba’diyah sendiri didefinisikan sebagai shalat sunnah yang dilakukan sesudah shalat wajib, tidak boleh sebelum sebelum shalat wajib, dan yang terpenting pula ialah masih dalam waktunya.

Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib Muakad

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Imam Tirmidzi, disebutkan beberapa keutamaan yang diperoleh umat Muslim, ketika ia menjalankan shalat Sunnah Rawatib Muakad. Diantaranya, keutamaan yang disebutkan dalam hadits tersebut ialah, dibangunkan baginya rumah di surga. Yang senantiasa menjadi tempat tinggal nyaman bagi dirinya.

Tentunya, besar keutamaan shalat Sunnah Rawatib Muakad ini menjadi pendorong sekaligus motivasi bagi kita. Untuk berlomba-lomba dalam mengerjakan kebaikan. Karena sesungguhnya, Allah senantiasa melimpahkan Rahmat dan keridhaannya dibalik segala bentuk kebajikan yang disyariatkan.

Demikian sejumlah serba-serbi shalat Sunnah Rawatib Muakad yang dapat diketahui. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan keridhaannya kepada kita semua. Aamiin ya rabbal Alamin.

Jika Anda berkeinginan menjalankan ibadah umrah, yang juga mempunyai beragam keutamaan. Maka, Anda dapat bergabung bersama Retali, yang akan membantu keberangkatan umrah Anda. Informasi selengkapnya dapat Anda telusuri melalui halaman website Retali.

Ikuti Instagram @retaliumrah.id untuk update kabar terkini seputar haji dan umrah serta wisata halal. Wujudkan impian Anda ke tanah suci bersama Retali, ibadah nyaman sesuai Sunnah dan terjangkau.