Keistimewaan Haji Akbar yang Perlu Diketahui

Menjadi salah satu bentuk ibadah yang memiliki keistimewaan dan kemuliaan. Haji sendiri, merupakan bentuk ibadah mahdah yang kian didambakan oleh setiap kaum muslimin. Salah satunya, dalam pelaksanaan haji, kita dapat menemukan menemukan istilah haji Akbar.

Dimana sebagian orang, sering menganggap istilah haji Akbar dapat terjadi karena adanya ibadah wukuf di Padang Arafah yang bertepatan dengan hari Jumat, atau hari raya idul Adha yang juga bertepatan pada hari Jumat.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan istilah haji Akbar itu sendiri? Berikut ini adalah penjelasan mengenai definisi haji Akbar yang tepat.

Dalil Mengenai Haji Akbar

hukum kredit umroh

Antara lain, penjelasan mengenai ibadah haji Akbar ini tertuang dalam QS. At Taubah ayat 3. Dimana dalam surat ini Allah Subhanahu wa ta’ala menurunkan firman-Nya kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam yang berbunyi sebagai berikut.

وَأَذَانٌ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ إِلَى النَّاسِ يَوْمَ الْحَجِّ الْأَكْبَرِ أَنَّ اللَّهَ بَرِيءٌ مِنَ الْمُشْرِكِينَ وَرَسُولُهُ فَإِنْ تُبْتُمْ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَإِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ غَيْرُ مُعْجِزِي اللَّهِ وَبَشِّرِ الَّذِينَ كَفَرُوا بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

“Dan (inilah) suatu permakluman daripada Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia pada hari haji akbar bahwa sesungguhnya Allah dan RasulNya berlepas diri dari orang-orang musyrikin. Kemudian jika kamu (kaum musyrikin) bertaubat, maka bertaubat itu lebih baik bagimu; dan jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu tidak dapat melemahkan Allah. Dan beritakanlah kepada orang-orang kafir (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.” (QS. At Taubah: 3).

Dalam ayat ini disebutkan istilah haji Akbar yang merupakan suatu pemakluman dari Allah Subhanahu wa ta’ala dan Rasull-Nya, yang telah berlepas diri dari orang-orang musyrikin (golongan orang yang menyekutukan Allah Subhanahu wa ta’ala).

Dalam sejumlah pembahasan, terdapat sejumlah ulama yang memberikan pendapatnya mengenai pelaksanaan haji Akbar, yang mana diantaranya pendapat para ulama tersebut adalah sebagai berikut ini.

Pendapat Ath-thabari Mengenai Haji Akbar

Yang pertama akan dipaparkan adalah pendapat haji Akbar yang dikemukakan oleh ath-thabari. Diantaranya, pendapat beliau mengenai haji Akbar adalah sebagai berikut.

1- Haji Akbar merupakan hari Arafah.

2- Haji Akbar merupakan haji yang dilakukan pada hari Nahr (Idul Adha).

3- Haji Akbar adalah seluruh hari haji, tidak ada ada hari tertentu.

4- Haji Akbar (haji besar) adalah definisi dari  haji itu sendiri, sedangkan haji ashgor (haji kecil) adalah umrah.

Keempat pernyataan ath-thabari mengenai haji akbar ini dapat dilihat dan dimuat dalam Jami’ Al Bayan ‘an Ta’wili Ayil Quran – Tafsir Ath Thobari, 10: 86-97

Pendapat Imam Asy-Syaukani 

Disebutkan dalam riwayat, Imam Asy Syaukani pernah berkata mengenai penentuan hari haji Akbar yang dimaksud dalam QS. At Taubah  ayat 3 tersebut. 

Dalam hal ini, Ali bin Abi Tholib, Ibnu Mas’ud, Ibnu Abi Aufa, Al Mughiroh bin Syu’bah, dan Mujahid telah menyatakan bahwa haji Akbar dilakukan pada hari Nahr, yakni saat qurban penyembelihan hewan yaitu Idul Adha. Dimana pendapat ini, merupakan pendapat yang telah dikuatkan oleh Ibnu Jarir Ath Thabari. 

Dilain hal, sebagian Ulama justru berpendapat bahwa yang dimaksud haji Akbar merupakan haji yang dijalankan pada hari Arafah. Dimana ulama yang mengeluarkan pendapat demikian ialah ‘Umar, Ibnu ‘Abbas dan Thowus. 

Dikatakan oleh beliau, bahwa pendapat pertama, yaitu haji Akbar adalah haji yang dilaksanakan pada hari Nahr (Idul Adha), itulah yang lebih kuat pendapatnya karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan pada orang yang ia utus untuk menyampaikan pada orang musyrik pada hari nahr.

itulah  sejumlah penjelasan mengenai haji akbar dapat penulis jelaskan. Semoga Allah senantiasa memberikan keridhoan untuk mendekatkan diri dan bertakwa kepada-Nya.

Jika Anda yang mempunyai rencana untuk menunaikan ibadah Umrah, jangan segan untuk berkonsultasi dengan Retali. Ikuti @retaliumrah.id di Instagram untuk informasi lebih lanjut.