Keistimewaan Air Zamzam dan Khasiatnya

Bagi umat Islam, air zamzam dipercaya sebagai air suci yang diberkahi. Sumber air ini adalah sumur Zamzam yang terletak di dalam Masjidil Haram. Keistimewaan Air Zamzam telah dikenal secara luas dan dibuktikan melalui penelitian secara ilmiah.

Ada banyak manfaat di bidang kesehatan yang telah menarik perhatian banyak ilmuwan dan peneliti. Setiap tahun jutaan Muslim mengunjungi sumur ketika menunaikan haji atau umrah dan mendapatkan manfaat saat mereka minum air Zamzam.

Sejarah Air Zamzam

Air Zamzam berasal dari zaman Nabi Ibrahim dan putranya yang masih bayi, Nabi Ismail. Ketika itu, Nabi Ibrahim meninggalkan istrinya, Siti Hajr, dan putranya Ismail di suatu tempat di padang pasir seperti yang diarahkan dan diperintahkan oleh Allah. 

Ketika melihat putranya menangis kehausan, Siti Hajar mulai mencari air dalam panas dan debu. Dia tidak dapat menemukan jejak air di gurun yang tandus meskipun berlari tujuh kali bolak-balik antara bukit Safa dan Marwah. 

Singkat cerita, Nabi Ismail mulai menggores tanah dengan kakinya kemudian air tiba-tiba muncul di tempat itu. Siti Hajar yang melihat hal itu berteriak keras Zam Zam, yang berarti berhenti berhenti. 

Sejak saat itu hingga hari ini air Zamzam dianggap sebagai hadiah suci dari Allah. Apalagi, cadangan air Zamzam tidak pernah habis selama puluhan tahun. Keistimewaan Air Zamzam dianggap sebagai air yang diberkati dan memiliki banyak khasiat.

Keistimewaan Air Zamzam

Keistimewaan Air Zamzam.

Banyak penelitian telah dilakukan pada air zamzam. Air ini memiliki komposisi mineral dan nutrisi seimbang sempurna yang tak dimiliki jenis air lainnya. Berikut ini adalah beberapa khasiat Air Zamzam yang telah dibuktikan oleh berbagai peneliti.

Sumber Cairan yang Baik

Air zamzam mengandung fluoride tingkat tinggi yang diklaim sebagai reservoir air paling murni. Studi menunjukkan bahwa Air Zamzam mengandung bikarbonat dalam jumlah yang tepat yang bahkan lebih tinggi dan lebih baik daripada yang ditemukan di air dari Pegunungan Alpen Prancis di Eropa. 

Menurut Dr Yahya Koshak setelah melakukan beberapa tes menggunakan teknologi ultraviolet menyimpulkan keistimewaan Air Zamzam lainnya yakni bebas dari kuman dan bakteri. 

Sumber Nutrisi

Tak hanya sebagai pelepas dahaga, Air Zamzam tetapi juga terbukti sebagai sumber nutrisi tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan Jerman Dr Knut Pfeiffer menunjukkan bagaimana air ini mampu memelihara sel-sel dalam tubuh kita dan meningkatkan tingkat energi pada saat yang bersamaan. 

Air ini juga mengandung kadar magnesium dan kalsium yang tinggi yang membantu mengurangi tingkat kelelahan, depresi dan menjaga imun tubuh. Bagi ibu hamil, Air Zamzam mengurangi risiko kelelahan dan kecemasan selama kehamilan. 

Menyehatkan Tulang  dan Gigi

Keistimewaan Air Zamzam berikutnya adalah kandungan kalsium yang menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk menyehatkan tulang dan gigi dan mencegah osteoporosis. 

Air zamzam juga mengandung kadar fluor rendah yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar kalsium pada manusia, terutama bagi para wanita yang sedang hamils. Kadar kalsium yang sehat juga mencegah keputihan. 

Beberapa hasil penelitian lain juga menunjukkan bahwa Air Zamzam meningkatkan kekebalan tubuh terhadap beberapa penyakit, seperti masalah nefrogenik, katarak kongenital, diabetes, dan membantu dalam stimulasi Sistem Reproduksi. Air Zamzam juga memiliki sifat unik untuk melawan kanker dan memiliki efek anti-inflamasi yang kuat.

Sejarah dan keistimewaan Air Zamzam merupakan berkah bagi umat manusia di dunia. Jika Anda ingin beribadah Umrah dan mengunjungi sumber Air Zamzam, pastikan Anda memilih travel Umrah terpercaya. Retali yang terdaftar resmi di Kemenag merupakan satu pilihan yang wajib Anda pertimbangkan. Kunjungi @retaliumrah.id dan dapatkan berbagai info dan penawaran menarik.