Jenis Jenis Shalat Sunnah yang Keutamaannya Luar Biasa

Syarat Sahnya Shalat Berjamaah

Jenis-jenis shalat Sunnah — Sesungguhnya, ibadah yang paling baik merupakan ibadah yang dijalankan dengan rutin atau kontinyu, meskipun jumlahnya sedikit. Hal tersebut juga berlaku dengan pelaksanaan shalat Sunnah. Dimana shalat Sunnah sendiri merupakan bentuk ibadah yang apabila dijalankan mendapatkan pahala, dan ditinggalkan tidak mendapatkan apa-apa.

Diantaranya, terdapat sejumlah jenis jenis shalat Sunnah yang memiliki Keutamaannya begitu luar biasa apabila dijalankan. Terlebih lagi, jika shalat Sunnah tersebut dilaksanakan secara rutin atau kontinyu. Lantas, apa saja shalat Sunnah yang memiliki keutamaan begitu luar biasa tersebut? Berikut ini adalah penjelasannya.

Shalat Sunnah Rawatib

Yang pertama adalah shalat Sunnah Rawatib, shalat Sunnah Rawatib menjadi bentuk ibadah pelengkap yang ditunaikan baik sebelum maupun setelah menjalankan shalat fardhu. Mengenai pelaksanaanya, terdapat banyak riwayat yang menjelaskan keutamaan menunaikan shalat Rawatib ini.

Salah satunya hadits yang menerangkan tentang keutamaan shalat Sunnah Rawatib ini dapat dijumpai dalam hadits riwayat Muslim, yang berkenaan dengan perkataan Ummu Habibah yang mendengar perkataan Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam. Yang berkata :

مَنْ صَلَّى اثْنَتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِى يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِىَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ

“Siapa saja  yang menunaikan ibadah shalat 12 raka’at (sunnah rawatib) sehari semalam. Maka, akan dibangunkan baginya rumah di dalam surga.” (HR. Muslim).

Adapun, sabda Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam lainnya, menyebutkan tentang keutamaan dari ditunaikan shalat Rawatib sebelum subuh. Dimana dalam sabdanya disebutkan bahwa :

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

“Dua rakaat sunnah fajar (subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya.”  (HR. Muslim).

Shalat Tahajud (Shalat Malam)

Selain shalat Sunnah Rawatib, adapula shalat Sunnah lainnya yang memiliki berbagai keutamaan luar biasa apabila dilaksanakan. Dimana, shalat Sunnah yang dimaksud merujuk pada shalat Sunnah tahajud atau shalat malam.

Telah begitu banyak sabda Rasulullah dan ucapan yang disampaikan oleh para alim ulama mengenai hikmah dan keutamaan menjalankan shalat tahajud.

Salah satunya, dalam sabda Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, mengatakan :

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

“Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah –Muharram-. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim)

Shalat Sunnah Dhuha

Shalat Sunnah yang dijalankan pada pagi hari ini, juga memiliki beragam keutamaan di dalamnya. Dimana dengan melaksanakan shalat Dhuha, sebagai hamba Allah artinya kita telah bersedekah dengan  360 persendian yang kita miliki.

إِنَّهُ خُلِقَ كُلُّ إِنْسَانٍ مِنْ بَنِى آدَمَ عَلَى سِتِّينَ وَثَلاَثِمَائَةِ مَفْصِلٍ

“Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan dalam keadaan memiliki 360 persendian.” (HR. Muslim)

Itulah sejumlah jenis-jenis shalat Sunnah yang Keutamaannya begitu luar biasa. Jika Anda berkeinginan menjalankan ibadah umrah, yang juga mempunyai beragam keutamaan. Maka, Anda dapat bergabung bersama Retali, yang akan membantu keberangkatan umrah Anda. Informasi selengkapnya dapat Anda telusuri melalui halaman website Retali.

Ikuti Instagram @retaliumrah.id untuk update kabar terkini seputar haji dan umrah serta wisata halal. Wujudkan impian Anda ke tanah suci bersama Retali, ibadah nyaman sesuai Sunnah dan terjangkau.