Jarak Mekkah ke Madinah Seberapa Jauh Sebenarnya?

Menjadi hal yang cukup sering dipertanyakan, seberapa jauh jarak Mekkah ke Madinah menjadi  hal yang tak asing lagi untuk ditanyakan. Terlebih, hal ini cukup umum untuk ditanyakan oleh para pendatang yang baru saja memasuki kota suci seperti Mekkah dan Madinah.

Pada artikel ini, jarak Mekkah ke Madinah akan menjadi topik utama yang akan dibahas. Lain halnya dengan pembahasan sebelumnya, yakni mengenai hukum, syarat, dan berbagai ketentuan mengenai ibadah haji dan umrah.

Tentunya, hal ini akan menjadi wawasan baru untuk Anda, sekaligus Anda dapat mengetahui dan memperkirakan estimasi waktu yang efektif diperlukan untuk menuju kota Mekkah maupun Madinah.

Jarak Mekkah Ke Madinah

Jarak Mekkah ke Madinah berkisar mulai dari 450 KM. Antara lain, rute yang umum dijumpai dalam perjalanan dari Mekkah dan Madinah adalah 14 – 15 rute. Kedua kota mulia yang berada di Jazirah Arab ini, setiap kali sering dipadati oleh pendatang yang tengah menjalankan ibadah umroh atau melakukan ziarah.

Terlebih lagi pada musim haji. Tentunya, keramaian Kota Mekkah dan Madinah tidak lagi dapat dibendung oleh banyaknya jemaah haji. Jutaan jemaah hadir dari berbagai penjuru Negeri untuk memenuhi undangan Rabb-Nya. 

Maka dari itulah, dengan jarak Mekkah ke Madinah yang dapat dikatakan cukup jauh, tidak melunturkan semangat para jemaah untuk pergi mengunjungi Mekkah Al Mukaromah dan Madinah Al Munawwarah.

Armada Untuk Menuju Kota Madinah

Pada zaman dahulu, bangsa Arab terbiasa mengunjungi kota Madinah dengan menunggangi hewan seperti kuda, keledai, unta, dan lain sebagainya. Bahkan, beberapa masyarakat juga terbiasa melakukan perjalanan dengan berjalan kaki selama berhari-hari lamanya.

Namun, dengan adanya kemajuan terhadap perkembangan teknologi dan transportasi. Waktu perjalanan dari Mekkah ke Madinah dapat berlangsung lebih efisien dan nyaman. Dimana umumnya, perjalanan dari Mekkah menuju Madinah ini dapat memakan waktu selama kurang lebih 4 – 5 jam.

Antara lain, armada yang umum digunakan pada perjalanan ini adalah Bis, mobil, kereta cepat, dan lain sebagainya. Bahkan, ketika menggunakan kereta cepat waktu perjalanan dapat disingkat kembali menjadi 2,5 jam.

Mengunjungi Tempat Bersejarah di Madinah

Tak hanya di Kota Mekkah, sejumlah tempat bersejarah dan mulia juga dapat dijumpai di Kota Madinah. Diantaranya, sejumlah tempat bersejarah dan penuh dengan keistimewaan. Diantaranya, sejumlah tempat penting yang berada di Kota Madinah adalah sebagai berikut.

Yang pertama adalah Masjid Quba, masjid ini merupakan masjid yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah, seringkali dipadati jemaah, masjid Quba menyimpan sejarah dakwah Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam, dan perkembangan Islam di Kota Madinah. 

Berikutnya adalah Masjid Nabawi, selain Masjid Quba, di Madinah Anda juga dapat menjumpai Masjid Nabawi. Terdapat berbagai macam keutamaan yang disebutkan, ketika seseorang menunaikan shalat di masjid ini.

Raudhah (taman) masih di dalam lingkup masjid Nabawi. Disebutkan oleh Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam, area Raudhah atau taman berada tepat diantara rumah dan mimbar beliau.

itulah  sejumlah penjelasan mengenai serba-serbi jarak Mekkah ke Madinah yang dapat penulis jelaskan. Semoga Allah senantiasa memberikan keridhoan untuk mendekatkan diri dan bertakwa kepada-Nya.

Jika Anda yang mempunyai rencana untuk menunaikan ibadah Umrah, jangan segan untuk berkonsultasi dengan Retali. Ikuti @retaliumrah.id di Instagram untuk informasi lebih lanjut.