Hikmah Ibadah Umrah yang Begitu Tampak

Sebagai salah satu bentuk ibadah yang didambakan oleh jutaan kaum muslimin. Umrah, atau bentuk ibadah yang dilaksanakan di Baitullah ini, memiliki berbagai macam hikmah dan keutamaan. Hadir sebagai bentuk ibadah yang memperkuat jalinan antara seorang Hamba dan Tuhan-Nya. Memahami sejumlah hikmah ibadah Umrah menjadi salah satu hal yang perlu ditanamkan, agar ibadah Umrah dapat berjalan dengan khusyuk dan memantapkan kesiapan dalam melaksanakan ibadah.

Lantas, apa saja sejumlah hikmah ibadah Umrah yang bisa diraih oleh seorang Muslim? Berikut ini adalah pembahasannya.

Pada hakikatnya, Al Qur’an dan Hadits sendiri telah menguraikan dan menjelaskan terkait hikmah yang disyariatkan maupun bersifat umum, dalam pelaksanaan ibadah Umrah.

Pada dasarnya, dalam Surat Al Baqarah ayat 196 dan Hadist riwayat Muslim dari Jabir bin Abdullah. Telah dijelaskan, bahwa bentuk Ibadah haji dan umrah keduanya ditunaikan untuk menghadirkan hikmah penguatan tauhid kepada Allah Ta’ala, menjauhi perkara dusta, serta meninggalkan syirik dan sejenisnya. Yang mana hal ini akan menyempurnakan ibadah haji dan umroh hanya bagi Allah semata.

Dalam Surat Al Hajj ayat 28, Haji dan umrah juga dimaknai sebagai hikmah dari bentuk ketakwaan dan  mengukuhkan dzikir kepada Allah Ta’ala, dimana pada setiap rangkaian ibadahnya, dapat dijumpai sejumlah dzikir kepada Allah Ta’ala.

Diantaranya, hikmah ibadah umrah yang tampak, didapati dalam uraian berikut ini.

Hikmah menunaikan ihram dan talbiyah

Menjadi bentuk hikmah yang secara tampak yang ke depannya akan dibahas disini. Dimana seorang muslim, secara sadar telah mengikrarkan diri untuk mengikuti rangkaian ibadah haji dan umroh, mengukuhkan komitmen dalam dirinya, serta mulai menunaikan thawaf saat sampai di Makkah.

Hikmah melaksanakan Sa’i diantara Bukit Shafa dan Marwah.

Dimana, pada dasarnya hikmah ibadah sa’i sendiri telah disyariatkan dalam nash yang shahih. Ibadah sa’i yang dilangsungkan antara Bukit Shafa dan Marwah, merupakan bentuk ibadah yang masuk dalam rangkaian umrah. Diantaranya hikmah ibadah umrah yang tampak pada pelaksanaan sa’i ini adalah bentuk perintah Allah agar kaum muslim dapat merasakan kebutuhan, kefakiran, dan kelapangan, yang diberikan oleh Allah. Layaknya menarik hikmah dari peristiwa yang melatarbelakangi ibadah Sa’i, yakni kisah Siti Hajar bersama anaknya Nabi Ismail.

Hikmah mencium Hajar Aswad

Hikmah yang didapati dalam mencium hajar Aswad ialah bentuk kegiatan yang dilakukan oleh kaum muslim, yang tidak ada kaitan dengan dirinya atau dengan siapapun selain pencipta-Nya. Rangkaian ibada ini dilakukan semata hanya untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Bukan untuk menyekutukan-Nya dan lain sebagainya.

Hikmah melakukan mabit di Mina dan melakukan pelemparan jumrah.

Menanggapi hikmah dalam kedua ibadah ini. Syeikh Abdul Aziz bin Baz- pernah ditanya mengenai hikmah yang didapat dari pelaksanaan mabit atau bermalam di Mina dan pelemparan tiga jumrah. Menanggapi hal tersebut, beliau memberikan jawaban :

  “Tanggung jawab atau kewajiban bagi seorang muslim adalah membentuk ketaatan terhadap Allah dan Rasull-Nya, sebagaimana menjalankan syari’at, walaupun ia belum mengetahui hikmahnya. Dimana Allah sendiri telah memerintahkan kepada kita untuk mengikuti tuntunan Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam sesuai dalam QS. Al A’raf ayat 3, QS. Al An’am ayat 155, dan QS. Al Maidah ayat 92.

Itulah dia, berbagai macam hikmah dari rangkaian ibadah umrah yang tampak. Kesimpulannya, segala tuntunan ibadah umrah yang sesuai dengan apa yang dijalankan oleh Rasulullah, perlu dilaksanakan dengan baik dan benar. Dimana kehadiran hikmah sendiri, berfungsi sebagai penguat keimanan dan ketakwaan.

Untuk perjalanan suci yang nyaman dan aman Anda dapat bergabung bersama Retali. Informasi selengkapnya dapat Anda telusuri melalui halaman website Retali.

Ikuti Instagram @retaliumrah.id untuk update kabar terkini seputar haji dan umrah serta wisata halal. Wujudkan impian Anda ke tanah suci bersama Retali, ibadah nyaman sesuai Sunnah dan terjangkau.