Hadits Tentang Sedekah Beserta Maknanya

Sebagai bentuk rasa syukur dan keikhlasan ibadah sedekah menjadi salah salah satu bentuk ibadah yang memiliki begitu banyak keistimewaan dan kemuliaan. Hadits tentang sedekah sendiri, dapat dijumpai dalam berbagai riwayat.

Definisi Sedekah

Kata sedekah yang berasal dari bahasa Arab yakni Shodaqoh, dapat diartikan sebagai “shadaqa” yang artinya jujur, benar, dan memberi dengan ikhlas. Dari definisi Sedekah ini dapat disimpulkan bahwa sedekah berarti merupakan perilaku jujur seorang hamba terhadap dirinya sendiri mengenai harta yang diberikan Allah kepadanya.

Kehadiran sedekah sebagai ungkapan rasa syukur dan keikhlasan, senantiasa mengantarkan kita kepada pahala yang berlipat ganda dan nikmat yang melimpah. Pelaksanaan ibadah sedekah dalam melatih ketakwaan dan kepedulian. Oleh karenanya, selain memahami pengertian sedekah, memaknai hadits tentang sedekah perlu dilakukan guna memupuk keyakinan dalam melaksanakan sedekah.

Memaknai Hadits Tentang Sedekah

Sebagai bentuk ibadah yang memiliki begitu banyak keutamaan dan kemuliaan. Sedekah menjadi media jihad harta yang dapat menghadirkan manfaat secara luas, dan melipatgandakan pahala. Dimana dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda :

مَنْ تَصَدَّقَ بِعَدْلِ تَمْرَةٍ مِنْ كَسْبٍ طَيِّبٍ وَلاَ يَقْبَلُ اللهُ إِلاَّ الطَّيِّبَ وَإِنَّ اللهَ يَتَقَبَّلُهَا بِيَمِيْنِهِ ثُمَّ يُرَبِّيْهَا لِصَاحِبِهَا كَمَا يُرَبِّيْ أَحَدُكُمْ فُلُوَّهُ حَتَّى تَكُوْنَ مِثْلَ الْجَبَلِ

“Barangsiapa menyedekahkan sebutir kurma yang mana itu adalah hasil kerja kerasnya yang baik, sedangkan Allah enggan menerima hasil kerjanya tersebut kecuali dari yang baik saja, maka niscaya Allah menerima hasil kerja tersebut menggunakan tangan kanan-Nya, kemudian menambahkannya untuk sang pemilik seperti orang yang merawat anak kudanya hingga menjadi seperti gunung yang begitu besar.” (HR. Bukhari no. 1410 dan Muslim no. 1014)

Dalam hadits shahih ini, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam mengisyaratkan bahwa sedekah tidak akan menghantarkan seorang muslim pada kerugian maupun kemalangan. Sedekah justru menjadi bentuk ibadah yang penuh dengan keistimewaan dan kemuliaan.

Antara lain, dalam sabda lainnya Rasulullah juga menyampaikan keutamaan sedekah yang mampu mencegah bala, menutup pintu-pintu keburukan, dan diumpamakan dengan kebaikan yang terus berkembang dan bertambah.

Begitu luar biasa pengertian dari sedekah dan berbagai keutamaan di dalamnya. Memaknai hadits tentang sedekah nyatanya menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Dimana dengan memupuk rasa syukur dan keikhlasan melalui sedekah, maka dampak-dampak positif pun bisa diperoleh.

Semoga Allah senantiasa memberikan kelimpahan rezeki agar kita dapat melaksanakan ibadah kepada-Nya dengan tuntunan yang sesuai. Jika Anda berencana menunaikan umrah, pastikan Anda mengkonsultasikan jadwal Anda dengan Retali. Sebagai travel umrah yang terdaftar resmi di Kemenag, Ikuti @retaliumrah.id di Instagram untuk informasi lebih lanjut.