Hadist Tentang Umrah dan Keutamaan Ibadah Ini

Semua muslim pasti menyimpan kerinduan untuk dapat berkunjung ke tanah suci. Selain Haji, di tempat tersebut kita bisa melaksanakan ibadah Umrah bisa dilakukan setiap saat. Sesuai Hadist Tentang Umrah, ibadah ini memiliki banyak keutamaan. 

Misalnya saja, pahala umrah di bulan Ramadhan dianggap sama dengan pahala haji. Namun, penting untuk dicatat bahwa ibadah Umrah tidak menggantikan haji yang sifatnya wajib. Manfaat lainnya antara lain peningkatan kebahagiaan, kepuasan, dan berkah karena kesucian waktu dan tempat.

Umrah memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi semua Muslim di seluruh dunia. Setiap tahun, jutaan peziarah melakukan perjalanan keagamaan dan mencari berkah dan pengampunan dari Allah SWT. 

hadist tentang umrah

Keutamaan Umrah 

Dalam banyak hadist tentang umrah, ada banyak imbalan yang akan Anda peroleh dari Allah (SWT) dengan melakukan umrah. Untuk itu seseorang harus melakukannya dengan keinginan, cinta, rasa syukur dan keikhlasan. 

Diantara keutamaan-keutamaan melaksanakan ibadah Umrah tersebut, antara lain:

Menjadi Tamu Allah

Jika Anda berada di Makkah untuk melakukan umrah maka Anda akan dianggap sebagai tamu Allah SWT. Bayangkan, Allah adalah pencipta seluruh alam semesta ini dan menerima Anda sebagai tamunya. 

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW berkata, 

“Tamu Allah ada tiga: Ghazi (yaitu pejuang yang berperang dalam Jihad), haji dan Mu’tamir (yaitu peziarah yang melakukan umrah).” Hadits No. 2626. 

Jadi, Umrah akan memberi Anda kehormatan sebagai tamu Allah. Ini adalah keutamaan yang luar biasa sebagai hamba yang berlumur dosa.

Kesempatan Untuk Menghapus Semua Dosa Sebelumnya 

Sifat manusia cenderung membuat banyak kesalahan, namun dengan segala kemurahannya, Allah SWT memberi kita kesempatan untuk membersihkannya dengan melaksanakan ibadah Umrah. 

Kita tahu bahwa Allah SWT akan mengampuni semua dosa jika seseorang memintanya dan Umrah adalah cara terbaik untuk meminta pengampunan. Dalam hadist tentang umrah  berikutnya, Abu Huraira RA meriwayatkan bahwa Nabi kita tercinta SAW pernah bersabda: “Dari satu umrah ke umrah yang lain adalah penghapus untuk apa yang terjadi di antaranya, dan Haji Mabrur tidak balasan baginya selain surga”.

Menghindari Kemiskinan

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas (RA), Rasulullah SAW berkata, 

“Lakukan haji dan umrah secara berurutan; karena mereka menghilangkan kemiskinan dan dosa seperti pembakaran menghilangkan kotoran dari besi.” 

Ya, itu adalah salah satu balasan terbaik dari Allah apabila kita melaksanakan Umrah. Tentu tak ada yang suka tinggal dalam kemiskinan dan hanya dengan ridho-Nya kita dapat terhindar dalam situasi tersebut. 

Pahala Seperti Jihad

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda,

“Jihad bagi orang tua, muda, lemah, dan wanita adalah haji dan umrah.” 

Setiap Muslim tahu pentingnya jihad dan semua orang berdoa untuk kesyahidan dari Allah. Meskipun tidak semua orang beruntung untuk pergi berjihad tetapi Anda akan mendapatkan berkah yang sama jika Anda dapat melaksanakan umrah.

Selain keutamaan diatas, umrah juga mempererat silaturahmi umat muslim di seluruh dunia. Setiap tahun jutaan Muslim berkumpul di Mekah untuk melakukan umrah. Orang-orang dari seluruh dunia datang dan berkumpul di depan Ka’bah. Silaturahmi ini meningkatkan persatuan dan toleransi antar umat Islam untuk mengingatkan mereka bahwa mereka semua bersaudara.Nah, itulah beberapa hadist tentang umrah yang menjelaskan berbagai keutamaan ibadah ini. Retali sebagai travel umrah resmi, secara profesional memberikan pelayanan kelas premium untuk Anda yang ingin menunaikan ibadah ini. Temukan @retaliumrah.id di Instagram untuk berbagai info dan penawaran menarik.