Dalil Shalat Sunnah Taubat dan Tata Caranya

Syarat Wajib Puasa

Sebagai salah satu bentuk ibadah mahdhah, shalat sunnah taubat tentunya memiliki dasar atau landasan hukum sejumlah ketetapan yang perlu diterapkan dengan baik dan benar.

Mengenai Shalat Sunnah Taubat 

Pelaksanaan shalat Sunnah taubat ini, menjadi salah satu bentuk pertaubatan dari hamba ke Tuhan-Nya, atas segala macam dosa yang telah ia perbuat sebelumnya. Demikian pula, shalat sunnah taubat ini diharapkan mampu menyucikan dan menenangkan hati dari segala kegelisahan dan penyesalan atas dosa yang ada.

Diantaranya, terdapat sejumlah dalil dan berbagai ketentuan yang berlaku dalam serba-serbi pelaksanaan shalat sunnah taubat. Lantas apa saja serba-serbi shalat sunnah taubat yang terdapat di dalamnya? Berikut ini adalah pembahasannya.

Dalil Yang Berisi Syariat Shalat Taubat

Diantaranya dalil yang berisi tentang syariat pelaksanaan shalat sunnah taubat, dapat dijumpai dalam hadits yang disampaikan oleh Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ ثُمَّ يُصَلِّى ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلاَّ غَفَرَ لَهُ

“Bila mana ada orang yang memperbuat suatu perlakuan dosa, setelahnya dia berwudhu dengan cara yang sempurna, kemudian dia mendirikan shalat dua rakaat, dan berikutnya dia beristigfar memohon ampunan kepada pencipta-Nya Allah, niscaya Allah pasti mengampuninya.” (HR. Ahmad 48, Abu Daud 1523, Turmudzi 408, dan dishahihkan al-Albani)

Tata Cara Shalat Sunnah Taubat

Untuk melaksanakan shalat sunnah taubat dengan baik dan benar. Anda perlu mengetahui sejumlah tata cara shalat sunnah taubat yang benar. Diantaranya, berikut ini adalah sejumlah tata cara melaksanakan shalat sunnah taubat yang benar.

Berwudhu

Sebelum menjalankan shalat tentunya kita diwajibkan untuk membersihkan tubuh kita, dari segala bentuk najis. Dan wudhu, menjadi bentuk aktivitas yang wajib dilakukan sebelum melakukan ibadah shalat Sunnah maupun wajib.

Dalam hal ini, wudhu perlu dilakukan dengan tertib dan beraturan, untuk menghasilkan wudhu yang sempurna. Dimana wudhu tersebut perlu diawali dengan niat, dilanjutkan dengan membasuh telapak tangan, berkumur, istinsyaq, membasuh wajah, membasuh tangan, mengusap kepala dan telinga, dan membasuh kaki hingga mata kaki.

Tata cara wudhu ini penting untuk diterapkan dan diperhatikan dnegan baik dan bijak. Karena, aktivitas wudhu yang sempurna, pada akhirnya akan mengahsilkan shalat yang khusyuk.

Shalat Dua Rakaat

Usai melakukan wudhu, Anda dapat mulai mengenakan busana yang menutup aurat, kemudian melaksanakan shalat dua rakaat seperti biasa layaknya menjalankan shalat dua rakaat pada umumnya.

Tidak Terdapat Bacaan Khusus

Dalam pelaksanaan shalat sunnah taubat tidak terdapat bacaan khusus di dalamnya. Anda hanya perlu, membaca Al Fatihah kemudian membaca surat yang Anda hafal.

Berusaha Membentuk Kekhusyukan

Bentuklah kekhusyukan dalam shalat yang Anda jalankan. Sucikan pikiran dan hati Anda dalam menjalankan shalat tersebut.

Beristighfar dan Memohon Ampun Setelah Shalat

Berikutnya adalah beristighfar dan memohon ampun setelah menjalankan shalat. Dimana dalam tahap ini, tidak terdapat sejumlah bacaan istighfar khusus yang perlu Anda amalkan.

Intinya, pelaksanaan shalat sunnah taubat dihadirkan untuk memohon ampunan kepada Allah, dengan menyesali segala bentuk dosa yang telah dilakukan. Dimana dengan hal ini, ia diharapkan dapat bertekad untuk tidak lagi mengulangi perbuatan dosanya tersebut, dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Demikian sejumlah serba-serbi shalat Sunnah taubat yang dapat diketahui. Semoga Allah senantiasa memberikan ampunan dan keridhaannya kepada kita semua. Aamiin ya rabbal Alamin.

Jika Anda berkeinginan menjalankan ibadah umrah, yang juga mempunyai beragam keutamaan. Maka, Anda dapat bergabung bersama Retali, yang akan membantu keberangkatan umrah Anda. Informasi selengkapnya dapat Anda telusuri melalui halaman website Retali.

Ikuti Instagram @retaliumrah.id untuk update kabar terkini seputar haji dan umrah serta wisata halal. Wujudkan impian Anda ke tanah suci bersama Retali, ibadah nyaman sesuai Sunnah dan terjangkau.