Apa yang Dimaksud dengan Tayamum dan Cara Melakukannya

Syarat Wajib Puasa

Apa yang dimaksud dengan tayamum? Tayamum merupakan aktivitas atau cara bersuci yang dilakukan sebagai pengganti wudhu, karena berbagai alasan atau faktor tertentu. Layaknya sedang sakit, sedang dalam perjalanan, atau tidak adanya sumber air.

Meninjau Definisi Tayamum

Secara istilah tayamum diartikan sebagai mengusap, dimana artinya aktifitas tayamum ini melibatkan usapan terhadap wajah dan tangan menggunakan abu yang bersih atau suci.

Pada artikel berikut, akan dibahas sejumlah serba-serbi mengenai pelaksanaan tayamum. Mulai dari syarat melakukan tayamum, rukun tayamum, dan lain sebagainya. Bagaimana pembahasannya? Berikut ini adalah penjelasannya.

Dalil Mengenai Tayamum

Dalam QS. Al Maidah ayat 6 Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman, mengenai syariat dilaksanakannya tayamum.

وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ

“Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); usaplah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu.” (QS. Al-Maidah: 6)

Dalil di atas tentu semakin memperjelas apa yang dimaksud dengan  tayamum. Maka dari itu, syariat tayamum ini dapat dilakukan ketika telah memenuhi syarat yang berlaku di dalamnya.

Syarat Melakukan Tayamum

Dalam melakukan tayamum terdapat sejumlah syarat yang terbagi menjadi lima bagian. Diantaranya, kelima syarat tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki uzur, uzur yang dimaksud adalah sebab melakukan tayamum. Baik karena safar atau perjalanan, maupun karena sakit
  1. Telah Masuk Waktu Shalat, tayamum adalah darurat dan tidak ada darurat sebelum masuk waktu shalat. Jadi, tayamum yang sah, adalah tayamum yang dilakukan di waktu shalat tah masuk.
  1. Telah berusaha mencari air, namun tidak dapat ditemukan sumber air.
  1. Ada air, tetapi terdapat uzur untuk menggunakannya dan membutuhkan air setelah melakukan pencariannya.
  1. Tersedianya tanah yang suci yang mengandung debu. Jika tanah tersebut telah bercampur dengan kapur atau pasir, maka tidak cukup.

Rukun Tayamum

Setelah mengetahui apa yang dimaksud tayamum, serta memahami bagaimana syarat melakukannya. Terdapat pula sejumlah rukun tayamum yang perlu dipahami. Diantaranya empat bagian dari rukun tayamum tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Niat
  2. Mengusap bagian wajah
  3. Mengusap kedua tangan sampai dengan kedua siku (kanan dan kiri)
  4. Tertib atau beraturan 

Itulah dia apa yang dimaksud dengan tayamum dan serba-serbi pelaksanaannya. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan keridhaannya kepada kita semua. Aamiin ya rabbal Alamin.

Jika Anda berkeinginan menjalankan ibadah umrah, yang juga mempunyai beragam keutamaan. Maka, Anda dapat bergabung bersama Retali, yang akan membantu keberangkatan umrah Anda. Informasi selengkapnya dapat Anda telusuri melalui halaman website Retali.

Ikuti Instagram @retaliumrah.id untuk update kabar terkini seputar haji dan umrah serta wisata halal. Wujudkan impian Anda ke tanah suci bersama Retali, ibadah nyaman sesuai Sunnah dan terjangkau.