Apa Itu Fathu Makkah atau Penaklukan Kota Makkah?

Apa Itu Fathu Makkah atau banyak dikenal sebagai penaklukan Kota Mekah adalah salah satu peristiwa terbesar yang terjadi selama bulan suci Ramadhan. Ini adalah pertunjukan keberanian luar biasa dari umat muslim. 

Sejarah ini sangat penting bagi umat Islam, bahkan hingga saat ini. Secara khusus, dalam pertempuran ini Nabi Muhammad SAW atas izin Allah SWT, mampu mengubah wajah kota Makkah yang menjadi kota yang menjadi lambang keimanan kepada Allah.

Penyebab Fathu Makkah 

Apa itu Fathu Makkah diawali pada tahun 6 Hijriah (628 M) dimana orang Quraisy Mekah dan Muslim Madinah menandatangani kesepakatan gencatan senjata selama sepuluh tahun yang disebut Perjanjian Al-Hudaybiyah (Sulah Hudaybiayah). 

Meskipun hubungan antara Makkah dan Madinah membaik setelah penandatanganan perjanjian tersebut. Pihak Quraisy Makkah melanggar perjanjian dengan sekutu mereka suku Bani Bakr yang menyerang suku Khuzaah. 

Khuzaah sendiri merupakan sekutu Muslim, dan ketika Nabi SAW mendengar tentang serangan itu, dirinya segera memerintahkan para sahabatnya untuk bersiap berperang.

Berlangsungnya Fathu Mekkah

Pada titik ini, umat Islam telah berubah menjadi kekuatan yang mengesankan. Jadi, pada tahun 630 M, Nabi Muhammad SAW memilih untuk membawa 10.000 sahabat terbaiknya menuju Mekah. 

Setelah kaum Muslim mencapai Mekah, para perintis Quraisy menyerah. Selanjutnya Nabi Muhammad bersabda: 

“Siapa yang masuk masjid maka dia aman, siapa yang masuk rumah Abu Sufyan maka dia aman, siapa yang masuk rumahnya dan menutup pintunya maka dia aman.”

Banyak orang Mekah yang dikejutkan oleh pengumuman tersebut, dan beberapa diantaranya memilih untuk menjadi Muslim. Dengan cara ini, Penaklukan Mekah tidak berdarah dan mengakhiri perselisihan antara Quraisy dan Muslim. 

Bagi umat Islam peristiwa tersebut amat penting karena menunjukkan karakter Nabi Muhammad SAW. Dia bisa saja menuntut pembalasan yang setimpal, namun sebaliknya, dia menunjukkan kebaikan pada orang Mekah. 

Ini adalah pembaruan penting bagi umat Islam tentang bagaimana perjuangan harus dilakukan. Akhirnya, keberhasilan itu menjadi titik balik yang sangat penting untuk perkembangan Islam. 

Apa Itu Fathu Makkah

Pembebasan Ka’bah dari Berhala 

Setelah memberikan amnesti kepada semua orang, Nabi dan para sahabatnya bergerak menuju Ka’bah. Ini merupakan Rumah Allah pertama yang dibangun oleh Nabi Adam dan kemudian dibangun kembali di tempat yang sama oleh Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail, untuk beribadah atau menyembah Allah.

Namun, ketika dikuasai kaum Quraisy, berhala dipasang di dalamnya. Menurut literatur yang ada, sebanyak terdapat sekitar 360 berhala yang dipasang di dalam Ka’bah. Nabi, dengan tangannya sendiri dan bantuan para sahabatnya, menghancurkan semua berhala dan membebaskan Ka’bah dari berhala.

Allah Ta’ala dalam Al-Qur’an menyebut kemenangan ini Kemenangan yang Menentukan. Apa yang penting dari apa itu Fathu Makkah adalah kemenangan ini tidak menimbulkan sedikitpun pertumpahan darah, tidak ada kehancuran, tidak ada penahanan, dan tidak ada pertempuran yang kejam. 

Sebaliknya, Nabi Muhammad SAW memberikan amnesti untuk lawan-lawannya yang mencoba membunuhnya beberapa kali. Memang ini adalah sikap yang langka di dunia pada masa itu dan bahkan hari ini. Namun, itu menunjukkan perbedaan antara prajurit biasa dan seorang nabi.

Dengan mengetahui apa itu Fathu Makkah melalui penjelasan diatas, kita dapat meneladani sikap yang diambil atas kemenangan dalam penaklukan kota Mekkah. Untuk Anda yang ingin mengunjungi kota ini dan beribadah Umrah, Anda bisa menghubungi Retali melalui situs dan Instagram @retaliumrah.id untuk pelayanan dan harga terbaik.