4 Tata Cara Shalat Istikhoroh yang Benar

Tata Cara Shalat Istikhoroh — Manusia, merupakan makhluk ciptaan Allah yang bergantung dan memerlukan pertolongan Allah dalam setiap urusan-Nya. Yang perlu diketahui dan diimani ialah, manusia tidak dapat mengetahui perkada ghaib yang terjadi pada masa mendatang nantinya. Maka dadi itu, Allah Subhanahu wa ta’ala senantiasa mensyaratkan doa, agar manusia dapat bertawasul kepada Rabb-Nya untuk meringankan dan menghilangkan kesulitan yang dihadapinya.

Khususnya, sebagai seorang muslim. Kita perlu meyakini, tanpa ada keraguan sedikitpun, bahwasanya yang mengatur atau mengontrol segala bentuk  urusan adalah Allah Ta’ala. Dialah yang menakdirkan dan menentukan segala sesuatu sesuai yang Dia kehendaki pada hamba-Nya.

Sebagian ulama berkata, bahwa tidak sepantasnya bagi kaum Muslim yang ingin menjalankan di antara berbagai urusan dunianya, sampai ia meminta kepada Allah jalan terbaik atau pilihan yang paling baik dalam urusannya tersebut, yaitu dengan melaksanakan ibadah shalat istikhoroh.

Lantas apa yang dimaksud dengan shalat Istikhoroh? Yang dimaksudkan dari shalat istikhoroh adalah shalat untuk memohon kepada Allah manakah yang terbaik dari urusan yang mesti dipilih salah satunya. Dimana ibadah ini, tidak lagi asing untuk dijumpai dan dilaksanakan dalam lingkungan sehari-hari.

Setidaknya, Anda mungkin pernah mendengar istilah shalat Istikhoroh ini bukan? Ya, shalat yang masuk dalam kategori shalat Sunnah ini, merupakan jenis shalat yang seringkali ditemukan dalam lingkungan masyarakat Muslim. Diantaranya, shalat Istikhoroh ini dapat dijalankan setelah melakukan shalat tahiyyatul masjid, setelah shalat dhuha, setelah shalat rawatib, setelah shalat tahajud, dan masih banyak lagi.

Diantaranya, terdapat sejumlah tata cara shalat Istikhoroh yang penting untuk diketahui. Dimana tentunya, sebagai ibadah yang berperan dalam menentukan perkara tertentu. Ibadah shalat Istikhoroh ini, penting untuk dipahami dan diketahui dengan baik dan benar. Termasuk dengan tata cara shalat Istikhoroh itu sendiri. Lantas, apa saja sejumlah tata cara shalat Istikhoroh? Berikut ini adalah pembahasannya.

Pertama : Memilih Salah Satu Perkara

Yang pertama adalah melakukan pemilihan diantara banyaknya perkara. Ketika hendak menjalankan suatu urusan, yang perlu dipilih, tentunya adalah salah satunya, maka dari itu terlebih dahulu ia pilih di antara pilihan-pilihan yang ada.

Kedua : Membulatkan Tekad dan Niat

Jika telah memiliki tekad dalam melakukan pilihan tersebut, maka berniatlah untuk melaksanakan shalat Istikhoroh, dan kerjakanlah shalat dua raka’at (waktu pelaksanaan shalat sunnah Istikhoroh, berlaku sebagaimana yang telah dijelaskan di awal).

Ketiga : Membaca Doa Istikhoroh 

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ ، اللَّهُمَّ فَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ هَذَا الأَمْرَ – ثُمَّ تُسَمِّيهِ بِعَيْنِهِ – خَيْرًا لِى فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ – قَالَ أَوْ فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى – فَاقْدُرْهُ لِى ، وَيَسِّرْهُ لِى ، ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، اللَّهُمَّ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّهُ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى – أَوْ قَالَ فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ – فَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِىَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ، ثُمَّ رَضِّنِى بِهِ

Keempat : Mengerjakan Pilihan

Berikutnya ialah mengerjakan pilihan yang sudah dipilih di awal, jika ia merasa mantap atau pun tidak dan tanpa harus menunggu mimpi maka hal tersebut dapat dijalankan. Jika itu baik baginya, maka pasti Allah mudahkan. Jika itu jelek, maka pasti ia akan palingkan ia dari pilihan tersebut.

Itulah dia tata cara shalat Istikhoroh dan serba-serbi dibaliknya yang dapat diketahui. Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan keridhaannya kepada kita semua. Aamiin ya rabbal Alamin.

Jika Anda berkeinginan menjalankan ibadah umrah, yang juga mempunyai beragam keutamaan. Maka, Anda dapat bergabung bersama Retali, yang akan membantu keberangkatan umrah Anda. Informasi selengkapnya dapat Anda telusuri melalui halaman website Retali.

Ikuti Instagram @retaliumrah.id untuk update kabar terkini seputar haji dan umrah serta wisata halal. Wujudkan impian Anda ke tanah suci bersama Retali, ibadah nyaman sesuai Sunnah dan terjangkau.