3 Amalan Berpahala Haji yang Wajib Diketahui!

Syarat Wajib Puasa

Sebagai ibadah dengan beragam keutamaan dan kemuliaan di dalamnya. Bentuk ibadah haji yang merupakan kategori ibadah mahdhah ini, sangat dinanti oleh jutaan umat muslim di dunia. Namun, layaknya menunaikan ibadah haji dengan sejumlah keutamaannya, ternyata terdapat tiga amalan berpahala haji yang dapat Anda ketahui.

Dimana amalan berpahala haji ini, tentunya menjadi bentuk amalan yang amat didambakan oleh setiap muslim. Bagaimana tidak? Perbuatan yang disandingkan dengan pahala menunaikan ibadah haji tersebut, tentunya dapat ditemukan dalam aktivitas keseharian, atau bahkan dapat dibentuk sebagai sebuah kebiasaan.

Lantas, apa saja ketiga amalan berpahala haji yang dimaksud pada artikel ini? Berikut adalah pembahasannya.

Melaksanakan Sholat 5 Waktu Berjamaah di Masjid

Amalan pertama yang dimaksud adalah melaksanakan sholat lima waktu dengan berjamaah di masjid. Mungkin, aktivitas ini umum untuk kita temui dan bisa kita tunaikan dengan mudah. Namun, kesadaran dan pembiasaan dalam menunaikan ibadah sholat lima waktu berjamaah di masjid, tentunya perlu dibentuk dengan baik dan tepat.

Lantas, dari mana pernyataan mengenai pahala sholat lima waktu berjamaah ini bersumber? Nah, pernyataan mengenai pahala ibadah sholat sendiri, bersumber dari hadits riwayat Thabrani yang disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dari Abu Umamah radhiyallahu, yang sabdanya berbunyi :

مَنْ مَشَى إِلَى صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ فِي الجَمَاعَةِ فَهِيَ كَحَجَّةٍ وَ مَنْ مَشَى إِلَى صَلاَةٍ تَطَوُّعٍ فَهِيَ كَعُمْرَةٍ نَافِلَةٍ

“Siapa saja yang hendak menuju shalat wajib berjamaah, niscaya ia layaknya tengah menunaikan haji. Siapa saja orang yang pergi menuju shalat sunnah, niscaya ia layaknya menunaikan umrah sunnah.” (HR. Thabrani)

Mendatangi Majelis Ilmu di Masjid

Layaknya melaksanakan ibadah sholat lima waktu di Masjid, mendatangi berbagai majelis ilmu yang ada di masjid juga mendatangkan pahala layaknya menunaikan ibadah haji. Tentunya, menuntut ilmu sendiri merupakan kewajiban bagi setiap kaum Muslim. Dan hal tersebut, dapat bernilai pahala ketika dilakukan dengan penuh keikhlasan dan keridhoan untuk Allah semata.

Penjelasan ini dimuat dalam Hadits riwayat Thabrani, yang disampaikan oleh Umamah Radhiyallahu Anhu. Dimana Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda :

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يُعَلِّمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حَجَّتُهُ

“Siapa saja yang pergi ke masjid, dimana yang ia inginkan hanyalah untuk (menuntut ilmu) belajar mengenai kebaikan atau melakukan kebaikan, niscaya ia akan memperoleh pahala haji yang sempurna terhadap hajinya.” (HR. Thabrani)

Menunaikan Ibadah Umrah di Bulan Ramadhan

Sebanding dengan pahala menunaikan ibadah haji. Umrah yang merupakan bentuk ibadah mahdah ini, adalah bentuk ibadah yang memiliki kemiripan dengan pelaksanaan ibadah haji. Dimana Seca umum, hal yang membedakan dari pelaksanaan ibadah umrah dan haji sendiri, terletak pada waktu pelaksanaan dan bentuk rukun dari ibadah itu sendiri.

Pelaksanaan ibadah umrah tentunya lebih terjangkau untuk ditunaikan, baik secara biaya, akomodasi, hingga waktu pelaksanaan. Oleh karena itu, pelaksanaan ibadah umrah bisa dijalankan dengan lebih ringan bagi kaum Muslimin.

Diantaranya, ibadah umrah yang dinilai sebanding dengan pahala menunaikan haji, adalah ibadah umrah yang dijalankan pada bulan Ramadhan. Dimana bulan dengan berbagai keistimewaan dan kemuliaannya itu, menjadi bukan yang amat dinanti oleh kaum Muslimin. Dalam Hadits Riwayat Bukhari, Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda :

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

“Jika bulan Ramadhan datang, tunaikanlah umrah, karena saat itu ibadah umrah Ramadhan senilai dengan ibadah haji.” (HR. Bukhari)

Itulah sejumlah amalan yang dinilai sebanding dengan melaksanakan haji. Untuk itu, jika Anda berminat menunaikan ibadah umrah pada bulan Ramadhan. Maka,  Anda dapat bergabung bersama Retali, yang akan membantu keberangkatan umrah Anda. Informasi selengkapnya dapat Anda telusuri melalui halaman website Retali.

Ikuti Instagram @retaliumrah.id untuk update kabar terkini seputar haji dan umrah serta wisata halal. Wujudkan impian Anda ke tanah suci bersama Retali, ibadah nyaman sesuai Sunnah dan terjangkau.